Jebolan Usakti Harus Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Universitas Trisakti. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone) Universitas Trisakti.

JAKARTA – Dalam rangka menghadapi persingan global dan meningkatkan kemampuan mahasiswa, Universitas Trisakti (Usakti) terus berupaya meningkatkan kualitas masukan berupa kurikulum, bahan ajaran, sarana-prasarana dan kualitas proses pembelajaran di kampus.

Rektor Usakti Thoby Muthis dalam acara puncak peringatan Dies Natalis ke-48 bertema ‘Green Development berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup’ pada Minggu 1 Desember 2013 mengingatkan para jebolan Usakti harus mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

“Peningkatan mutu mahasiswa pun dilaksanakan melalui peningkatan mutu proses rekrutmen mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan keketatan persaingan yaitu rasio antara jumlah peminat dan jumlah diterima. Dengan meningkatnya rasio keketatan diharapkan kualitas mahasiswa baru juga meningkat,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (2/12/2013).

Thoby juga mengungkapkan komitmennya untuk tetap konsisten memperbaiki diri dalam mewujudkan visi dan misi Usakti untuk menjadi universitas terkemuka, bermutu internasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni demi meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

“Komitmen kuat tersebut berbuah berbagai capaian Usakti baik pada tingkat nasional maupun internasional. Pengakuan mutu tingkat nasional dapat dilihat dari penilaian akreditasi Usakti,” paparnya.

Dari 47 program studi yang ada di Usakti, kata dia, program Sarjana seluruhnya sudah terakreditasi dengan mayoritas mendapatkan peringkat A. Sedangkan program Magister hampir seluruhnya terakreditasi, dan untuk program Doktor Ilmu Ekonomi dan program Doktor Ilmu Hukum telah terakreditasi B.

“Sementara pada program Diploma dan program profesi sebagian sudah terakreditasi dan yang lain dalam proses,” imbuh Thoby.

Sementara itu Wakil Rektor III Usakti, Komang Suka’arsana, mengungkapkan Usakti berhasil meningkatkan jumlah peminat mahasiswa baru Tahun Akademik 2012/2013 kemarin dari 14.031 peminat menjadi 15.780 peminat. Usakti juga sekaligus meningkatkan jumlah mahasiswa baru sebesar 3,52 persen menjadi 3.570 mahasiswa baru SI.

“Dengan hasil tersebut diperoleh populasi mahasiswa aktif Usakti pada Tahun Akademik 2012/2013 adalah 20.410 mahasiswa aktif, dengan mahasiswa asing sejumlah 123 yang berasal dari Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, Yaman, Korsel, Myanmar, USA, Saudi Arabia, Madagaskar dan Kamboja,” kata Komang.

Pada acara Dies Natalis ke-48 Usakti ini turut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti karnaval budaya, sendratari, olahraga sepeda sehat, lomba memasak, lomba band mahasiswa, lomba goyang Caesar dan kegiatan lainnya.

Acara ini juga dihadiri oleh jajaran senat Usakti, Majelis Guru Besar Usakti, Dekan, Dosen, Ketua Program Studi, Direktur Lembaga Usakti, para pejabat struktural dan fungsional lainnya, dan Ikatan Alumni Usakti serta turut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2013/12/02/373/905654/jebolan-usakti-harus-mampu-bersaing-di-dunia-kerja