Menhut: Mahasiswa Pertanian Jangan Hanya Jadi Penyuluh

Menhut Zulkifli Hasan
Menhut Zulkifli Hasan

BANDARLAMPUNG — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengngatkan mahasiswa pertanian jangan hanya menjadi penyuluh, melainkan jadi enterpreneur bagi dunia pertanian di Indonesia.

“Mahasiswa pertanian harus bisa menjadi pelopor keberhasilan ketimbang mengajak tanpa adanya bukti nyata sehingga sulit diterapkan oleh masyarakat khususnya petani,” jelas Menhut di sela-sela seminar mengoptimalkan potensi pertanian di Polinela Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia, mahasiswa pertanian khususnya di politeknik harus mampu mengembangkan potensi diri sehingga bisa mengajak petani untuk mengeksplorasi potensi pertanian di negeri ini.

“Kita harus bisa menunjukkan bukti nyata di lingkungan masyarakat baru akan ditiru, sama halnya dengan pengelolaan hutan,” ujarnya.

Menhut mengatakan mengurangi pengaruh globalisasi tidak hanya cukup kampanye saja, tetapi juga perlu adanya tindakan seperti menanam pohon maupun ajakan satu orang satu pohon.

Dengan tercapainya program tersebut, menhut menyebutkan, maka satu juta pohon setahun bisa tercapai, bahkan semiliar juga akan mudah terealisasi secara maksimal.

Zulkifli Hasan juga mengingatkan keberadaan politeknik atau akademi komunitas memiliki kepentingan yang besar dalam upaya pelatihan sumber daya manusia baru di Indonesia.

“Institut atau organisasi pendidikan tidak harus universitas karena politeknik dasarnya memang sudah mengacu pada praktik lapang sehingga pengoptimalan kerja pertanian di masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, mengoptimalkan potensi pertanian akan tercapai semakin baik apabila penyelenggaraan pendidikan dalam pengoptimalan sumber daya manusia khususnya generasi muda dilakukan secara maksimal.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/11/30/mx2mah-menhut-mahasiswa-pertanian-jangan-hanya-jadi-penyuluh