Penyaluran BOS di Sulut 5 Besar Terbaik Nasional

Kotamobagu, KOMENTAR – Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di wilayah Propinsi Sulawesi Utara, patut dibanggakan. Sebab, secara nasional, penyaluran BOS di propinsi ini masuk 5 besar terbaik. “Alhamdulillah, kita termasuk lima terbaik. Tinggal meningkatkan pengelolaannya dan transparansi. Dari hasil monitoring di beberapa daerah, masih banyak yang harus kita benahi,” kata Sekretaris Propinsi (Sekprop) Sulut, Ir Siswa Rahmat Mokodongan.
Hal tersebut disampaikannya di selasela pembukaan sosialisasi dana BOS seSulut yang dipusatkan di Kotamobagu, Rabu (13/03) kemarin. Karena itu, ia meminta, agar pengelolaan dana BOS dilakukan secara terbuka dan tepat sasaran. Sebab, penyelewengan terhadap dana BOS bisa berdampak hukum.

“Dana BOS ini bertujuan untuk meringankan masyarakat. Satu di antaranya untuk meminimalisir pungutanpungitan. Jika terjadi kesalahan, bagi pegawai jelas terkena PP 53 tentang disiplin pegawai. Dan, tentu saja karena korupsi akan diselesaikan secara hukum,” tegas mantan Penjabat Walikota Kotamobagu ini.
Di sisi lain, ia juga mengakui masih ada kendala dalam penyampaian pelaporan penggunaan dana BOS dari beberapa daerah kepulauan seperti dari Sangihe dan Talaud. Namun hal tersebut bisa dipahami lantaran transportasi yang masih menjadi kendala di daerah itu. Laporan tetap masuk kendati terlambat.
Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kotamobagu, Drs Hi Sa’ir Lentang MAP mengatakan, sampai saat ini pengelolaan dan penyaluran dana BOS ke setiap sekolah yang ada di Kotamobagu masih berjalan sesuai dengan harapan. “Dana BOS Kotamobagu aman. Pekan lalu, kami sudah melakukan rapat terkait pengelolaan dana BOS. Kami juga minta laporanlaporan penyaluran dana BOS triwulan satu kepada pihak sekolah,” katanya.
BOS untuk tingkat SD di Kotamobagu sebesar Rp 7.3 Miliar. Dana tersebut terbagi dalam empat triwulan. Sementara itu, untuk tingkat SMP besaran dana BOS mencapai Rp 4,1 Miliar. Seluruh besaran dana BOS merupakan perhitungan dari jumlah siswa baik di tingkat SD maupun SMP.
sumber: http://www.harian-komentar.com/berita-daerah/totabuan/8017-penyaluran-bos-di-sulut-5-besar-terbaik-nasional.html