Profesi Guru Lebih Diminati Ketimbang Dokter

Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone) Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

PELALAWAN – Profesi guru sangat mulia, bahkan tak kenal lelah mereka mengajar dengan sepenuh hati. Apalagi melihat perkembangan kesejahteraan guru saat ini semakin membaik walaupun bertahap.

Begitu pula dengan calon mahasiswa yang mulai melirik profesi pahlawan tanpa tanda jasa ini. Di perguruan tinggi banyak yang memilih profesi guru ketimbang dokter.

“Di perguruan tinggi itu malahan sekarang lebih banyak yang daftar jadi guru daripada menjadi dokter. Setelah dia jadi guru, tapi dia berpikir ada hal-hal yang positif membuat mereka itu bagus di gurunya,” ungkap Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Pelalawan, Riau Muhammad Syafi’i S.Pd, M.Si, kepada Okezone, belum lama ini.

Menurut dia, peningkatkan kualitas guru juga membaik. Hal tersebut terlihat dari adanya sertifikasi guru sehingga harus memenuhi kualifikasi. Pemerintah pun juga punya keterbatasan dalam memberikan dana.

“Hidup ini kan take and give, kalau ini balance dan memang diberikan pada tempatnya, itu akan menjadi lebih baik. Kalau mendapatkan sertifikasi, guru kita menjadi lebih baik,” papar dia.

Di sisi lain, berbicara mengenai kesejahteraan guru, pemerintah pun sangat mendukung. Artinya melihat fenomena yang lebih baik, itu dilihat dari awal mencetak seorang guru.

“Sudah mempunyai peningkatan, tergantung sekarang bagaimana guru itu menjadi pirator dalam memajukan pembangunan, terutama di dunia pendidikan,” pungkasnya. 

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2013/11/25/560/902383/profesi-guru-lebih-diminati-ketimbang-dokter